Kamis, 09 November 2017

Hari Libur yang Tak Pernah Ada

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian dan beristirahatlah seketika." Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat. - Markus 6:31



Tidak ada waktu luang! Kita kenal benar ungkapan itu. Tetapi Allah mengawasi kebutuhan murid-muridnya dan mengatur waktu istirahat buat mereka. Baca apa yang terjadi pada Markus 6:31-36!

Tampaknya waktu yang mereka miliki untuk diri sendiri hanyalah ketika mereka mendayung menyeberangi danau. Sisanya digunakan bersama orang-orang yang mengikuti Yesus di seputar pantai. Dan ketika waktu yang berharga itu pun berlalu, masih ada lima ribu mulut yang harus diberi makan. Apakah yang Yesus coba ajarkan pada mereka? Bahwa latihan jasmani semacam itu dapat memperkuat mereka. Bahwa berada dalam lingkungan yang berbeda bisa menyegarkan atau sekalipun mereka tidak dapat menghindar dari pekerjaan, bukankah pekerjaan-Nya itu justru menyegarkan? Bahwa lebih baik membagi apa yang mereka punya, entah itu saat-saat berharga ataupun jatah yang sedikit daripada menyimpannya untuk mereka sendiri. Sekalipun hari berakhir dalam frustrasi dan kelelahan, Dia masih bisa menghalau kekuatiran dan keletihan. Kalau ini adalah pelajaran yang ingin Dia ajarkan kepada mereka, mereka agaknya tidak berhasil menangkapnya! Mereka belum juga mengerti (ayat 52).

Dia memperhatikan kebutuhan kita seperti juga kebutuhan murid-murid-Nya. Dia ingin tahu seberapa banyak waktu senggang yang kita punya dan bagaimana kita mempergunakannya. Dia mengerti kelelahan dan kekecewaan, karena Dia telah mengalaminya sendiri. Sebagai Allah atas hidup kita, Dia juga Allah atas waktu senggang kita. Dia ingin agar kita membagi waktu senggang maupun waktu kerja kita dengannya. Dia ingin menunjukan bahwa Dia dapat memenuhi kebutuhan kita dan kebutuhan orang lain lewat kita. 


Tuhan Yesus, tolong ajarkan bagaiman saya harus menggunakan waktu senggang saya, baik sendiri ataupun bersama orang lain, dalam kegiatan ataupun istirahat. Bila saya kehilangan waktu-waktu senggang saya, izinkan saya peka akan kehadiran-Mu, kegiatan-Mu dan pembaharuan dari-Mu.

Bacaan selanjutnya: Markus 6:30-56.



Oleh: dr. Jane Goodall, spesialis anak, Inggris
Dalam Diagnose Firman.

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag