Selasa, 14 November 2017

Bekerja - Bagian dari Kehidupan

Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.  Kolose 3:23




Bekerja merupakan bagian penting dalam kehidupan dan memegang peranan mencolok dalam masyarakat yang sudah makmur. Bagi sebagian orang alasan untuk bekerja hanya semata-mata untuk mencari nafkah dan menghidupi keluarga. Yang lainnya keranjingan untuk mengumpulkan uang dan harta benda, untuk mencapai kemasyuran dan status atau menggunakan kekuatan dan kekuasaannya atas orang lain. Sebagian kecil orang boleh jadi bekerja hanya untuk menghabiskan waktu atau mengerjakan hobinya, atau bahkan untuk melarikan diri dari keadaan yang kurang menyenangkan. Tetapi banyak dokter memilih karirnya di bidang medis oleh karena merasa terpanggil dan didorong oleh keinginan untuk memuliakan Tuhan dan melayani sesama.


Tetapi tekanan pekerjaan bisa sangat berat. Dengan perasaan sedih penulis menyaksikan rekan-rekan dan teman-teman yang memulai karirnya dengan baik, kadang-kadang tanpa disadari, terbawa ke dalam persaingan tidak sehat dalam masyarakat yang berorientasi kepada prestasi ini. Praktek yang laris telah menyita seluruh waktu mereka dan mereka mengabaikan kesehatan tubuh, keluarga dan pada sementara dokter, juga kehidupan rohani mereka. Kehidupan kekristenan mereka mundur, seperti Demas, yang telah mencintai dunia ini. (II Timotius 4:10). Kerja telah mengambil alih posisi Tuhan sebagai prioritas utama. Bekerja menjadi dewa mereka. Mereka lupa bahwa Tuhan yang bijaksana telah juga mengatur waktu istirahat guna menyegarkan diri dan melepaskan lelah. (Keluaran 23:12), dan terlebih lagi untuk mengisi kembali bejana rohani kita dengan menyediakan waktu untuk bersekutu dengan Dia.


Alat pengaman kita satu-satunya terhadap kecenderungan untuk menjadikan kerja sebagai akhir dari segalanya ialah dengan mengingat bahwa dalam melakukan pekerjaan duniawi, kita juga melayani Tuhan Yesus Kristus dan apapun yang kita perbuat, hendaklah dikerjakan seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. (Kolose 3:23-24).


Bacaan selanjutnya: 1 Korintus 3:11-16, 10:31.


____________________________________________________________________
Oleh dr. Ong Meng Yi, Singapura.
Dalam Diagnose Firman.

Tidak ada komentar:

Copyright 2007, Pelayanan Medis Nasional (PMdN) Perkantas

Jl. Pintu Air Raya 7, Komplek Mitra Pintu Air Blok C-5, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3522923, 3442463-4 Fax (021) 3522170
Twitter : @MedisPerkantas
Download Majalah Samaritan Versi Digital : https://issuu.com/samaritanmag